Jumat, 04 November 2011

PEMBELAJARAN PKN DI SD

RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL

Mata kuliah : Pembelajaran PKn di SD
Kode Mata Kuliah : PDGK4201
Semester : 3 ( Tiga ) SKS
Nama Tutor : Drs. Dusmar
Deskripsi Singkat Mata Kuliah :




Kompetensi yang diharapkan :

Setelah mengikuti tutorial ini diharapkan mahasiswa mampu :

1. Memahami fungsi dan tujuan Pendidikan kewarganegaraan di SD/Mi
2. Memahami Karakteristik PKn sebagai Pendidikan nilai dan moral
3. Keterkaitan Pendidikan Kewarganegaraan dengan IPS dan mata pelajaran lainnya
4. Konsep serta prinsip kepribadian nasional, semangat kebangsaan , cinta tanah air. Dan bela negara
5. Konsep HAM dan UUD 45
6. Komsep penegakan hukum di Indonesia
7. Konsep praktek demokrasi serta pendidikan demokrasi
8. Hubungan konsep, nilai, moral dan norma dengan tuntutan perilaku warga negara
9. Model pembelajaran PKn di kelas I,II dan III SD/MI
10. Model pembelajaran PKn SD berbasis portofolio di kelas IV,V dan VI, SD/MI
11. Karakteristik warga negara Indonesia dalam konteks individu yang Bhineka Tunggal Ika
12. Penilaian dalam Pendidikan Kewarganegaraan di SD


No Kompetensi Dasar Khusus Nomor
Modul Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Model
Tutorial Estimasi
Waktu Daftar Pustaka

1 Mahasiswa dapat menganalisis hakekat, fungsi dan tujuan PKn di SD 1 Hakekat, Fungsi Dan Tujuan PKn Di SD.  Hakekat, Fungsi dan Tujuan PKn di SD
 Ruang Lingkup PKn di SD.
 Tuntutan Pedagogis PKn di SD Tatap muka
Tanya Jawab
Diskusi
120 menit
Udin S. Winataputra
Pembelajaran PKn di SD

2 Mahasiswa dapat menganalisis karakteristik PKn sebagai pendidikan nilai dan moral 2 Karakteristik PKn Sebagai Pendidikan Nilai Dan Moral  Pendekatan PKn sebagai Pendidikan Nilai dan Moral di SD.
 Pendidikan Nilai dan Moral dalam Standar Isi PKn di SD
 Hubungan Interaktif Pengembangan Nilai dan Moral dalam PKn SD. Tatap muka
Tanya Jawab
Diskusi
120 menit
Udin S. Winataputra
Pembelajaran PKn di SD

3 Mahasiswa dapat menggambarkan keterkaitan PKn dengan IPS dan Mata Pelajaran lain 3 Keterkaitan PKn Dengan IPS Dan Mata Pelajaran Lain  Gambaran Umum dan Karakteristik PKn serta Mata Pelajaran IPS dan Mata Pelajaran lainnya di SD.
 Keterkaitan PKn dengan IPS.
 Hubungan Bidang Studi PKn dengan Mata Pelajaran lainnya. Tatap muka
Tanya Jawab
Diskusi
120 menit
Udin S. Winataputra
Pembelajaran PKn di SD

4 Mahasiswa dapat menjelaskan konsep serta prinsip kepribadian nasional, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan bela negara. 4 Konsep Serta Prinsip Kepribadian Nasional, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air Dan Bela Negara  Konsep dan Prinsip Kepribadian Nasional.
 Konsep dan Prinsip Semangat Kebangsaan
 Konsep dan Prinsip Cinta Tanah Air dan Bela Negara Tatap muka
Tanya Jawab
Diskusi
120 menit
Udin S. Winataputra
Pembelajaran PKn di SD

5 Mahasiswa dapat menjelaskan konsep hak azasi manusia (HAM) dalam UUD 1945. 5 Konsep Hak Azasi Manusia (Ham) Dalam UUD 1945.  Pengertian HAM.
 HAM dan UUD 1945.
 Kasus-kasus yang berkaitan dengan HAM. Tatap muka
Tanya Jawab
Diskusi
120 menit
Udin S. Winataputra
Pembelajaran PKn di SD

6. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep penegakan hukum di Indonesia. 6 Konsep Penegakan Hukum Di Indonesia..  Pengertian Hukum
 Penegakan Hukum di Indonesia.
 Kasus-kasus yang berkaitan dengan Hukum.
Tatap muka
Tanya jawab
Diskusi
120 menit
Udin S. Winataputra
Pembelajaran PKn di SD

7 Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan praktik demokrasi serta pendidikan demokrasi. 7 Konsep Dan Praktik Demokrasi Serta Pendidikan Demokrasi.  Konsep Demokrasi.
 Pendidikan Demokrasi sebagai esensi PKn.
 Sekolah sebagai Laboratorium Demokrasi.
Tatap muka
Tanya jawab
Diskusi
120 menit
Udin S. Winataputra
Pembelajaran PKn di SD

8

Mahasiswa dapat menganalisis hubungan konsep, nilai, moral dan norma dengan tuntutan perilaku warga negara 8 Hubungan Konsep, Nilai, Moral Dan Norma Dengan Tuntutan Perilaku Warga Negara  Konsep, Nilai, Moral Dan Norma (KNMN) dalam hubungannya warga negara dengan negara
 Konsep, Nilai, Moral Dan Norma (KNMN) dalam hubungannya dengan sesama warga negara
 Konsep, Nilai, Moral Dan Norma (KNMN) dalam pengembangan komitmen bela negara.
Tatap muka
Tanya jawab
Diskusi
120 menit
Udin S. Winataputra
Pembelajaran PKn di SD

9 Mahasiswa dapat merancang model pembelajaran PKn tematis di klas I, II dan III SD/MI 9 Model Pembelajaran PKn Tematis Di Klas I, II Dan III SD/MI  Model Pembelajaran PKn Tematis di Klas I, II dan III SD/MI.
 Model Pembelajaran PKn Tematis di SD
Tatap muka
Tanya jawab
Diskusi
120 menit

10 Mahasiswa dapat merancang model pembelajaran PKn berbasis portofolio di kelas IV, V dan VI SD/MI 10 Model Pembelajaran PKn Berbasis Portofolio Di Kelas IV, V Dan VI SD/MI  Langkah-langkah Model Pembelajaran PKn berbasis Portofolio.
 Model Pembelajaran PKn berbasis Portofolio di Kelas IV, V dan VI.
Tatap muka
Tanya jawab
Diskusi
120 menit
Udin S. Winataputra
Pembelajaran PKn di SD

11 Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik warga negara Indonesia dalam konteks individu yang bernhineka tunggal Ika 11 Karakteristik Warga Negara Indonesia Dalam Konteks Individu Yang Berbhineka Tunggal Ika  Warga negara yang cerdas.
 Warga negara yang partisipatif.
 Warga negara yang bertanggung jawab.
 Warga negara yang religius dan penuh toleransi
Tatap muka
Tanya jawab
Diskusi
120 menit
Udin S. Winataputra
Pembelajaran PKn di SD

12 Mahasiswa dapat menerapkan penilaian dalam PKn SD 12 Penilaian Dalam PKn SD  Konsep dan prinsip penilaian PKn SD/MI.
 Berbagai alat penialaian dalam PKn SD/MI.
 Pengguanaan alat penilaian PKn SD/MI berbasis Portofolio.
 Review.
Tatap muka
Tanya jawab
Diskusi
120 menit
Udin S. Winataputra
Pembelajaran PKn di SD


Batam, 2 Mei 2011
Tutor,





Drs. DUSMAR

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar