Jumat, 04 November 2011

RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL MATERI DAN PEMBELAJARAN IPS DI SD

RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)


Mata Kuliah : Materi dan pembelajaran IPS SD
Semester : V (lima)
SKS : 3 (tiga) SKS
Nama Tutor : Drs. Dusmar
Deskripsi Singkat Mata Kuliah : Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan berbagai kemampuan untuk mengkaji materi pendidikan IPS serta
model model pembelajaran dalam PIPS. Topik utama dari mata kuliah ini terdiri dari : Paradigma IPS, perubahan dan konflik
sosial, manusia dan lingkungan, individu kelompok dan kelembagaan, waktu, perubahan dan kebudayaan, produksi, distribusi,
konsumsi dan ekonomi kerakyatan, kekuasaan, pemerintahan dan desentralisasi pendidikan, pendekataan , science, tekhnologi
society dan pembelajaran IPS SD serta model interaktif dan sumber pembelajaran dalam PIPS.
Kompetensi yang diharapkan :
Setelah mengikuti tutorial ini diharapkan mahasiswa mampu :
1. Memehami konsep rasional, social studies secara umum dan Paradigma Pendidikan IPS Indonesia
2. Memahami perilaku sosial, perubahan sosial dan konflik sosial
3. Memahami saling ketergantungan antara manusia dan lingkungan, dampak perubahan lingkungan terhadap kehidupan manusia, serta pengelolaan lingkungan
4. Memahami konsep individu, kelompok sosial dan kelembagaan
5. Memahami konsep waktu dan sejarah lokal, pembelajaran konsep perubahan, dan pembelajaran konsep kebudayaan
6. Memahami konsep produksi, distribusi dan konsumsi serta ekonomi kerakyatan
7. Memahami konsep kekuasaan negara,pembelajaran konsep kekuasaan dan pemerintahan negara, hubungan otonomi daerah, desentralisasi pendidikan serta
peningkatan peran dan fungsi guru IPS - SD
8. Memahami konsep pendekatan ITM dalam pembelajaran IPS - SD serta pendekatan serta strategi kosep ITM dalam pengajaran IPS – SD
9. Memahami model pembelajaran interaktif dalam PIPS dan sumber pembelajaran PIPS






No Kompetensi Dasar Khusus Nomor Modul Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Model Tutorial Estimasi waktu Daftar Pustaka





1. Setelah mengikuti tutorial mahasiswa daiharapkan dapat :
1. Menjelaskan tujuan program
Pendidikan ilmu : geografi, sejarah, antropologi, sosiologi, ekonomi, politik dan ilmu hukum.
2. Menentukan konsep yang mendasari perkembangan PIPS dan PDIPS.
3. Membedakan antara nilai ideal dengan
nilai praktis.
4. Menentukan cara pelaksanaan PIPS –
SD. 1 Paradigma Pendidikan IPS

• Konsep dan rasional
“Social Studies”
secara umum
• Paradigma PIPS Indonesia



Tatap muka
Tanya jawab
Diskusi

120
menit Udin S Winataputra, Materi dan Pembelajaran IPS , Univ. Terbuka 2008






2 Setelah mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan konsep perilaku sosial, Menentukan konsep yang mendasari perkembangan PIPS dan PPDIPS.
2. Menjelaskan konsep perubahan sosial.
3. Membedakan konflik tingkat tinggi dan konflik tingkat rendah.
4. Mengklasifikasikan bentuk kegiatan gotongroyong dan tolong menolong ke dalam salah satu bentuk kerjasama. 2 Perubahan dan konflik sosial

a. Perilaku sosial
b. Perubahan sosial
c. Konflik sosial

Tatap muka
Tanya jawab
Diskusi

120
menit

Udin S Winataputra, Materi dan Pembelajaran IPS , Univ. Terbuka 2008




3 Setelah mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan interaksi antara manusia dan lingkungan
2. Menjelaskan penyakit yang disebabkan rusaknya lapisan ozon
3. Menjelaskan pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab
4. Mencari hubungan antara kebudayaan dan masyarakat 3 Manusia dan lingkungan

Manusia dan lingkungan

Tatap muka
Tanya jawab
Diskusi

Pormatif 1

120
menit

Udin S Winataputra, Materi dan Pembelajaran IPS , Univ. Terbuka 2008




4 Setelah mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan dapat :
1. Membedakan antara gemeinschaft dengan geselfschaft
2. Menjelaskan pengertian masyarakat
3. Menilai norma yang terkuat yang berlaku di masyarakat 4

Individu, kelompok dan kelembagaan
a. Individu dan kelompok
b. Kelembagaan
Tatap muka
Tanya jawab
Diskusi
120
menit


Udin S Winataputra, Materi dan Pembelajaran IPS , Univ. Terbuka 2008






5 Setelah mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menganalisah pelajaran sejarah lokal di SD
2. Memberikan penjelaskan mengenai faktor – faktor dari luar yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial dan kebudayaan dengan contohnya
3. Menjelaskan unsur unsur dan wujud kebudayaan




5 Konsep waktu, perubahan dan kebudayaan
a. Konsep waktu dan sejarah lokal
b. Pengajaran konsep peru bahan
c. Pembelajaran konsep kebudayaan


Tatap muka
Tanya jawab
Diskusi

Formatif 2

Udin S Winataputra, Materi dan Pembelajaran IPS , Univ Terbuka 2008





6 Setelah mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan dapat:
1. Membedakan nilai pengunaan Subjektif dengan nilai penggunaan objektif
2. Menyimpulkan perilaku konsumen berdasarkan hukum permintaan
3. Menjelaskan konsep ekonomi kerakyatan




6 Produksi, Distribusi,konsumsi dan ekonomi kerakyatan
a. Produksi
b. Distribusi
c. Konsumsi
d. Ekonomi kerakyatan
e. Kekuasaan negara dibidang ekonomi

Tatap muka
Tanya jawab
Diskusi 120 menit
Udin S Winataputra, Materi dan Pembelajaran IPS , Univ Terbuka 2008




7 Setelah mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan dapat:
1. Mnganalisah pelaksanaan teori kedaulatan rakyat di Indonesia
2. Menunjukan pelajaran konsep pemerintahan negara
3. Menjelaskan hubungan otonomi daerah dan peningkatan peran Guru IPS - SD

Kekuasaan negara, pemerintah dan desentralisasi

a. Kekuasaan
b. Peningkatan peran guru IPS SD

Formatif 3 120 menit
Udin S Winataputra, Materi dan Pembelajaran IPS , Univ Terbuka 2008






8 Setelah mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan agar :
1. Menjelaskan kedudukan konsep tekhnologi dan masyarakat dalam pngejaran IPS-SD
2. Memberikan contoh dampak negatif kemajuan tekhnologi
3. Menjelaskan pendekatan konsep ITM dalam pembelajaran IPS-SD
4. Menjelaskan model interaktif dalam pembelajaran IPS-SD
5. Mengidentifikasi sumber – sumber pembelajaran IPS
-
1. Konsep ITM dalam pemelajaran IPS-SD
2. Model interaktif pembelajaran IPS-SD
1. Pendekatan konsep ITM dalam pembelajaran IPS-SD
2. Pendekatan dan strategi konsep ITM dalam pembelajaran IPS – SD.
3. Model pembelajaran interaktif dalam PIPS.
4. Sumber pembelajaran IPS – SD. Tatap muka
Tanya jawab
Diskusi 120 menit
Udin S Winataputra, Materi dan Pembelajaran IPS , Univ Terbuka 2008

Batam, 26 April 2009
Tutor,





Drs. DUSMAR

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar